Selasa, 04 Desember 2012

WWW dan HTTP

Apa itu WWW?
World Wide Web (WWW atau yang disingkat web) adalah suatu ruang informasi dimana sumber-sumber daya yang berguna diidentifikasi oleh pengenal global yang disebut Uniform Resource Identifier (URI). WWW sering dianggap sama engan internet secara keseluruhan, walaupun sebenernya ia hanyalah bagian daripadanya.
Sejarah WWW
WWW adalah sebuah program yang dtemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berner-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, dia mengembangkan suatu sistem untuk keprluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Equire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah kemudian menjadi dasar dari sebuah revolusi yang dikenal web.
WWW dikembangkan pertama kali  di pusat penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat proposal untuk proyek pembuatan hypertext secara global, kemudian pada bulan oktober 1990, "world wide web" sudah bisa dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.

HTTP
HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam world wide web (www). protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen. HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara client dan server.

SEJARAH HTTP 
Protokol HTTP pertama kali dipergunakan dalam WWW pada tahun 1990. pada saat tersebut yang dipakai adalah protokol HTTP versi 0.9. Versi ini adalah protokol transfer dokumen secara mentah, maksudnya adalah data dokumen dikirim sesuai dengan isi dari dokumen tersebut tanpa memandang tipe dari dokumen. kemudian pada tahun 1996, protokol   HTTP diperbaiki menjadi HTTP versi 1.0. Perubahan ini untuk mengakomodasi tipe-tipe dokumen yang hendak dikirim beserta enkoding yang dipergunakan dalam pengirim data dokumen.
Sesuai dengan perkembangan infrastruktur internet maka pada tahun 1999 dikeluarkan HTTP versi 1.1 untuk mengakomodasi proxy, cache dan koneksi yang persisten.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar